RSS

Pembakaran Buku

Ketika rezim memberi komando
agar buku-buku dengan ilmu
dan pengetahuan yang berbahaya
di bakar di hadapan umum
dan di mana-mana
para lembu di paksa menghela
gerobak penuh buku
ke lapangan pembakaran,
syahdan dan hal ini ketahuan
seorang satrawan usiran
---salah satu sastrawan utama---
Kala ia mencermati daftra mereka yang dibakar
jiwanya terguncang, karena buku-bukunya terlupakan
kontan ia melesat ke meja tulis,
Dengan murka
dia menulis surat kepada penguasa
bakarlah saya! Tulisnya seketika
Bakarlah saya!
Jangan beginikan saya!
Jangan sisakan saya!
Bukankah saya senantiasa
Mewartakan kebenaran
di dalam buku-buku saya? Dan kini kalian
perlakukan seolah saya pendusta
Saya beri kalian komando:
Bakarlah saya!

By: Bertolt Brecht

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Anonymous said...

apa yang saya cari, terima kasih

anesavie said...

@Anonymous : sama2, semoga bermanfaat